Thursday, January 7, 2016

Kunci Jawaban LKS Seni Budaya kelas 11 Semester 2 Bab 1

Kunci Jawaban LKS Seni Budaya Bab 1

Kunci Jawaban LKS Seni Budaya kelas XI Semester Genap Bab 1 - Tukas | Tukang Share Tugas
Cover LKS Bag. depan



Kunci Jawaban LKS Seni Budayakelas 11 Semester 2 Bab 1 - Yups pada kesempatan kali ini admin Tukang Copas tidak mau ketinggalan update kunci jawaban ini dari blog tetangga. Hehe :D kali ini admin update kunci jawaban buku LKS Kurikulum 2013 (K13) yang Berbasis Karakter untuk yang pertama kalinya, semoga lancar ya.. Oke kali ini kunci jawaban dari LKS Seni Budaya kelas XI Semester 2 (Genap) BAB I. Yuk langsung saja simak dibawah ini:

Soal:


Latihan 1:


  1. Apakah yang dimaksud pameran?  
  2. Jelaskan arti penting pameran karya seni rupa bagi siswa!
  3. Sebutkan empat kedudukan panitia pameran seni rupa di sekolah!
  4. Terangkan tugas seorang bendahara!
  5. Apakah tujuan dibuatnya kurasi pameran?

Latihan 2:


  1. Sebutkan empat aspek yang terkandung dalam proses pengkajian suatu karya seni rupa!
  2. Bagaimanakah pengkajian seni rupa berdasarkan pada aspek visual?
  3. Apakah yang Anda ketahui tentang aspek konseptual dalam pengkajian seni rupa?
  4. Bagaimanakah konsep seniman installasi dalam menghasilkan karyanya?
  5. Sebutkan tema-tema yang banyak diangkat oleh seniman kubisme dalam menghasilkan karyanya!

Latihan 3:


  1. Sebutkan tiga pembabakan seni rupa!
  2. Apakah yang dimaksud seni rupa pramodern?
  3. Sebutkan empat aliran seni rupa pramodern!
  4. Tuliskan tokoh-tokoh realisme di Indonesia!
  5. Jelaskan pengertian dekoratif figuratif!


Jawaban:


Latihan 1:

  1. Pameran adalah salah satu bentuk penyajian karya seni rupa agar dapat berkomunikasi dengan pengunjung. 
  2. Sebagai kegiatan penyajian visual untuk menyampaikan ide kreativitasnya kepada khalayak umum sehingga dapat mengembangkan karya berikutnya 
  3. Ketua, wakil ketua, sekretaris, bendahara 
  4. Tugas bendahara yaitu menangani keuangan 
  5. Kurasi pameran dibuat agar materi pameran dapat dipahami oleh pengunjung

Latihan 2:


  1. Aspek visual, aspek proses kreasi seni, aspek konseptual, aspek kreativitas
  2. Pengkajian seni rupa yang menguraikan keberadaan rupa dengan kata-kata
  3. Aspek konseptual mencakup proses menemukan inspirasi dan gagasan seni
  4. Konsep seniman instalasi ditunjukkan dalam sikap berkesenian yang menawarkan suatu sikap yang paling ekstrem dan nyata-nyata “keberatan” dengan media konvensional.
  5. Seniman kubisme lebih banyak mengungkap tema alam, benda, manusia dan lingkungan

Latihan 3:

  1. Pramodern, modern, posmodern
  2. Seni rupa pramodern yaitu karya-karya seni yang hadir sebelum zaman industri
  3. Primitivisme, Naturalisme, Realisme, Dekorativisme
  4. Raden Saleh, S. Soedjojono, Dullah, Rustamadji, Dede Eri Supria, Ronald Manullang dan lain-lain
  5. Karya seni rupa yang ditandai dengan penggambaran wujud figur atau bentuk-bentuk di alam yang kita kenali 

Uji Kompetensi 1

A.


  1. E
  2. B 
  3. C
  4. D
  5. E
  6. A
  7. D
  8. E
  9. B
  10. A
  11. B
  12. C
  13. A
  14. A
  15. B
  16. D
  17. E
  18. D
  19. A
  20. C

B.

  1. Bukti konkret adanya perencanaan pameran dan pergelaran tertuang dalam bentuk proposal 
  2. Koleksi karya tugas-tugas siswa terbaik yang dipilih guru dan dikoleksi selama satu semester dapat dijadikan sebagai materi pameran
  3. Pengunjung akan mendapatkan bahan banding untuk mengapresiasi karya yang diamatinya setelah membaca Kurasi pameran
  4. Umumnya, artikel kurasi pameran dimuat dalam katalog pameran 
  5. Aktivitas diskusi dipandu oleh seorang moderator 
  6. Dekorativisme senantiasa berhubungan dengan hasrat menyederhanakan bentuk dengan jalan mengadakan distorsi
  7. Fauvisme lahir ketika sekelompok pelukis dipimpin oleh Matisse mengadakan pameran pada tahun 1901 di Perancis 
  8. Cezanne memandang objek lukisannya, yaitu bahwa bentuk yang kita lihat dapat dikembalikan kepada bentuk aslinya yaitu bentuk Geometris 
  9. Istilah konseptual pertama kali dikemukakan oleh Edward Kainholz dan Herru Flint pada tahun 1960 
  10. Istilah posmodern menunjukkan reaksi yang muncul dari dalam modernisme

C.

  1. Sebutkan hal-hal yang termuat dalam proposal!
  2. Jawab: Pendahuluan, dasar pemikiran, tujuan kegiatan, waktu dan tempat kegiatan,susunan panitia, biaya dan sumber dana, serta penutup

  3. Tulislah tiga sumber materi pameran seni rupa disekolah!
  4. Jawab: Pertama adalah koleksi karya tugas-tugas siswa terbaik (seni lukis, desain, dan kriya atau karya yang lain) yang dipilih oleh guru dan dikoleksi selama 1 semester. Kedua, adalah karya-karya siswa yang dibuat atas kehendak sendiri, di luar tugas yang diberikan oleh guru di sekolah. Dan yang ketiga, adalah karya-karya siswa yang memenangkan lomba kesenirupaan (seni lukis, desain, kria, logo, animasi, dan lain-lain) baik dalam tingkat lokal, nasional, maupun internasional, yang pernah diraih oleh siswa yang sedang belajar efektif di sekolah yang mengadakan pameran.

  5. Bagaimanakah karakteristik karya seni rupa aliran dekorativisme?
  6. Jawab: Karakteristik karya seni rupa aliran dekorativisme yaitu bersifat kegarisa, berpola, ritmis, pewarnaan yang rata, dan mempunyai kecenderungan kuat untuk menghias

  7. Apakah yang dimaksud seni konseptual?
  8. Jawab: Seni konseptual merupakan seni yang disatukan oleh satu sikap pemnggunaan bahasa verbal dan non-verbal, analogi atau ilmu bahasa menjadi esensi dalam seni

  9. Sebutkan dua paradigma aktivitas seni kontemporer!
  10. Jawab: Ada dua paradigma aktivitas seni kontemporer yaitu kelompok yang mementingkan aktivitas seni sebagai aktivitas mendal dan kelompok yang mementingkan aktivitas seni ditunjukkan bagi kepentingan masyarakat


Sekian yang dapat admin sampaikan, semoga bermanfaat ya, kirim komentar, kritik dan saran di kotak komentar.

Selamat Mengerjakan

2 komentar

Mantap, bro.
:D

Bantu klik iklan, biar tambah semangat ngepost :v


EmoticonEmoticon